Tuesday, October 20, 2015

Donald Norman's Model

Norman's model biasa digunakan untuk menganalisa efektifitas software atau situs yang dibuat dari sisi user.

Ada 7 stages yang digunakan dalam model Norman :

  1. User establishes the goal
  2. Formulates intention
  3. Specifies actions at interfaces
  4. Executes actions
  5. Perceives system rate
  6. Evaluate system state with respect goal

Analisis

Di bawah ini adalah analisis dari blog ini berdasarkan stage model Norman yang sudah disebutkan di atas.
  1. User establishes the goal, goal dari user dalam mengunjungi blog ini adalah membaca beberapa tulisan singkat saya yang biasa saya tulis berdasarkan pengalaman atau kejadian-kejadian menarik yang terjadi hingga pemikiran-pemikiran saya mengenai apapun. Blog ini adalah blog pribadi saya, saya memiliki blog lainnya untuk teknologi.
  2. Formulates intention, tujuan dari dibuatnya blog ini adalah untuk sharing pengalaman dan pemikiran-pemikiran saya, karena terkadang begitu banyak pikiran yang berlalu lalang dan rasanya tidak enak jika tidak disampaikan ke orang lain. Sehingga bisa memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.
  3. Specifies action at interfaces, sesuai dengan tujuan awal dibuatnya blog ini beberapa tahun lalu, yaitu menulis catatan-catatan kecil mengenai pengalaman dan pemikiran saya, maka saya gunakan template seperti notebook sehingga akan menimbulkan kesan sederhana. 
  4. Executes actions, saya gunakan template yang sesuai dengan poin ke-tiga. Sidebar digunakan untuk menyambungkan berbagai media sosial yang saya miliki serta blog saya yang lain dengan tema-tema khusus seperti teknologi. Untuk panjang dari halaman utama blog, saya selalu mencoba menekan ketinggiannya, karena juga dipengaruhi oleh panjang dan jumlah post yang ditampilkan, hal ini dapat diatur dalam pengaturan blogger. Saya hanya menampilkan beberapa paragraf awal dari tiap post pada halaman utama, sehingga halaman utama tidak pernah melebihi 7 scroll. Untuk membaca keseluruhan post tersebut, user harus melakukan klik.
  5. Perceives system state, blog ini dibuat dengan blogger. Saya sudah menjelajah hampir seluruh fitur yang ditawarkan oleh blogger ini. Salah satunya adalah kemudahan melakukan pengeditan template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. System state lain yang bermanfaat adalah menu statistik pada dashboard. Selain itu, saya juga menggunakan histats untuk memonitor traffic secara realtime.
  6. Interprets system state, ke depannya saya harus lebih rajin lagi dalam menulis, sehingga dapat bertukar pikiran banyak orang dan mungkin bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.
  7. Evaluate system state with respect goal, blog ini sudah berumur lebih dari 3 tahun, tetapi jumlah postnya masih kurang dari 100, seperti yang disebutkan pada poin 6, ke depannya saya harus lebih rajin dalam penulisan dan memperbaiki gaya bahasa yang terkadang suka berubah-ubah.

0 komentar:

Post a Comment

 
;