Saturday, January 14, 2012

Persiapan UNAS 2012

Tinggal menghitung hari untuk UNAS SMA 2012 yang akan dilaksanain tanggal 16 April nanti, tentunya aku udah nyiapin pelajaran-pelajaran yang aku rasa perlu.


Kayaknya metode belajar UNAS SMP dulu ga bisa di aplikasiin ke UNAS SMA ini. Gimana bisa, dulu waktu SMP yang di ujiin cuma 4 mata pelajaran, tanpa mata pelajaran eksak khusus, semuanya tergabung dalam 1 pelajaran : IPA. Sedangkan yang di ujikan di UNAS SMA ada 6 pelajaran, dan itu semua harus di tempuh dalam waktu 4 hari, coba bayangin, belajar 3 tahun penentuannya cuma 4 hari, dobel-dobel pula!

Kemarin, ada try out di tempat lesku, try out fisika tepatnya, dari 10 soal yang dibahas, baru 4 pertanyaan yang bisa aku jawab bener. -_-

Tapi gimanapun yang aku khawatirin bukan sepenuhnya di UNAS, tapi kemana aku selanjutnya belajar.

Yak, SNMPTN, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Di daerah Surabaya ada 3 kampus negeri, ITS, UNAIR & UNESA. Dan aku ingin masuk ke Teknik Informatika, jurusan tersebut hanya ada di ITS, meskipun ada, tapi itu di daerah lain di Jatim.

Ada berbagai macam jalur yang bisa digunakan untuk masuk ke PTN, SNMPTN undangan, SNMPTN tulis, Jalur mandiri dan beberapa yang lain. Sayangnya seleksi masuk PTN di Indonesia cukup ketat, dari 6 calon mahasiswa di Indonesia, mungkin cuma 3/4 yang bisa masuk. Cukup kejam memang, uang rakyat di habis-habiskan untuk membangun hal-hal yang tidak perlu untuk kepentingan DPR, bukankah lebih baik untuk membangun PTN-PTN/sekolah-sekolah baru supaya menambah kualitas pendidikan di Indonesia?

Ini aku ngomongin UNAS kok jadi ikut campur masalah Politik ya?

Ah sudahlah, cukup ikuti aliran ini tapi harus bisa mengendalikannya agar tidak terlampau terlalu jauh mengikuti aliran..

0 komentar:

Post a Comment

 
;