Sunday, September 6, 2015

Seminggu di Negeri Orang

Sekitar 5 hari sudah berada di negeri orang, sejak mendarat di sini Rabu, 2 September 2015, semuanya sangat berbeda. #iyolah.

Video pada post sebelumnya hanya berisi tentang perjalanan dari Surabaya ke Tokushima, pada post ini aku tambahi beberapa video.


Hal pertama yang mengesankan adalah sikap hormat orang Jepang terhadap orang lain. Ini sudah terasa pada hari pertama, ketika menginjakkan kaki di Tokushima. Mereka sangat menghormati orang lain.

Tiap hari, penghuni asrama harus melakukan absensi tiap pukul 7:00 dan 21:00, mahasiswa yang lebih muda mengucapkan "Ohayou gozaimasu" atau "Konbanwa" keras-keras sambil membungkukkan badan dengan hormat, terlihat sangat alamiah bagi mereka. Jay, mahasiswa internasional program long-term exchange dari Taiwan mengatakan, untuk menjawabnya kita hanya perlu menjawab dengan "ssssh", aku tambahi dengan senyum deh. Apalagi sama mahasiswi 'dd dd gemezh', yang salam dengan ketinggian suara nada tertentu.

Hal lain yang unik adalah ketika bertransaksi sesuatu, tiap kasir atau tempat transaksi memiliki wadah khusus untuk menaruh uang, jadi uang tidak diberikan langsung, tapi ditaruh di wadah tersebut. Ketika petugas memberikan kembalian, uang tersebut dihitung sambil ditunjukkan ke konsumen, tentu ini hal yang jarang ditemukan di Indonesia.

Di sini aku berkenalan dengan bermacam-macam orang dari berbagai bangsa : 2 Vietnam, 3 Thailand, dan 1 Taiwan. Mereka sangat friendly.

Oh iya, nama kampus ini adalah "Anan National College of Technology", kalau di Indonesia seperti PENS. Kampus ini memiliki 5 gedung asrama, dan mahasiswa internasional ada di gedung 1. Kampus ini berada di Minobayashi-cho, Anan-shi, Tokushima-ken, sekitar 200 km dari Osaka.

Dalam minggu ini, tepatnya hari Jumat sore, aku bersama mereka mengunjungi pantai terdekat di Minobayashi-cho, yaitu Kitanowaki.

Berikut videonya :

Mungkin itu keseruanku dalam minggu ini, cek juga playlist youtube : https://www.youtube.com/playlist?list=PLJRjwgdp4IikJt4a3OuydJEx6X6ikiaW5 untuk update kumpulan video-video selama di Jepang, silahkan subscribe juga :).

Untuk rasa kangen sendiri, tentu ada ya, seumur-umur selalu deket orang tua, terakhir terjauh ke Jakarta awal 2014 lalu.

Besok siang, kami ada kelas Jepang pertama. Semoga semua urusan di sini lancar :).

Alfiyan,
Anan-shi, Tokushima-ken, Japan.
23:05 GMT +9,
6 September 2015

0 komentar:

Post a Comment

 
;