Friday, July 3, 2015

Perjuangan Keren Dimulai, Tantangan 1 : Menerbitkan Paspor Baru

Osaka Castle
Osaka Castle, Wikipedia
Hello, lama juga ga nulis di sini, maklum lagi sibuk2nya mahasiswa :D

Oke, kenapa judulnya "Perjuangan Keren..." ?
Ya karena aku anggap itu keren, kenapa keren?
Karena aku rasa ini adalah langkah terlebar yang pernah terjadi selama hidup, Insya Allah diikuti langkah-langkah keren lainnya :D

Langkah itu adalah : Kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar ke negerinya Doraemon. Bakalan ketemu Nobita dkk nih.

Beberapa semester yang lalu, tepatnya akhir semester 2, sudah aku share bagaimana kuliah tahun pertamaku, bisa dibaca dulu di : http://alfiyansys.blogspot.com/2013/07/setahun-kuliah-ngapain-aja-broh.html

Yak, mungkin bakalan ketemu sama si Ayu, haha :D, tapi kayaknya dia udah pindah distrik, tapi tetep di Tokyo.

Jadi ini bermula ketika tahun 2014 bulan November, ada semacam 'suara' yang nyuruh untuk membuat paspor baru, entah dari mana suara itu. Yang jelas, ketika itu di kampus lagi rame tentang pertukaran pelajar ke Anan, Tokushima, Jepang. Hal itu diikuti dengan berangkatnya beberapa mahasiswa PENS ke negeri itu sekitar bulan Januari 2015. Berhubung belum tau info apapun tentang pertukaran pelajar itu, ya tenang-tenang aja, sambil mbatin : 'mengko lak ono dalane nek ancen dalane', dan mengabaikan suara yang nyuruh ngurus paspor tadi. Kebetulan juga, bulan November itu kelas kami AGILE PENS 2012 (D4 IT A, PENS 2012) mengikuti test TOEFL sebagai syarat kelulusan, dan Alhamdulillah score-ku tertinggi kedua (selisih 4 poin dari yang pertama), ah tapi yang penting lulus di atas 500.

Selama 5 semester, Alhamdulillah IPK ku terjaga di atas 3.6x, dan dari kombinasi IPK + TOEFL itu ternyata keren. Pertengahan semester 6, kaprodi menghubungi salah satu mahasiswa dari kelas kami untuk memberikan informasi tentang beasiswa penuh pertukaran pelajar yang diadakan selama sebulan. Setelah konsultasi dengan orang tua, ternyata beliau berdua mendukung, akhirnya melengkapi berkas-berkas yang diminta (di atas syarat minimal). Tapi ternyata belum bejo, yang terpilih salah satu kawan dari kelas B, selamat bro! :).

Aku sih tenang-tenang aja, kembali ke 'mengko lak ono dalane nek ancen dalane' dan fokus ke Tugas Pendahuluan Proyek Akhir. Alhamdulillah, dari 2 judul yang diajukan, keduanya diterima juga, keduanya tentang jaringan komputer :D

Setelah memilih salah satu judul, akhirnya mulai membuat proposal dan mencicil komponen-komponen yang mungkin bisa digunakan untuk membuat proyek akhir tersebut.

Sebulan kemudian, kaprodi kembali memberikan informasi pertukaran pelajar, tetapi transportasi ditanggung sendiri, syaratnya sedikit lebih tinggi daripada yang sebulan, yaitu IPK minimal 3.60 (yeah). Setelah konsultasi dengan orang tua dan kaprodi yang kebetulan juga salah satu dosen pembimbing proyek akhir, akhirnya terkirimlah berkas-berkas persyaratan ke beliau.

Setelah beberapa hari, beliau mengirim email dan menyampaikan kabar baik dari dosen yang berhubungan dengan pihak kampus di Jepang, Alhamdulillah diterima. Mahasiswa lain yang diterima adalah mahasiswa teknik game angkatan 2013. Seperti biasa, langsung aja kontak FBnya untuk koordinasi. Kami diarahkan untuk mengisi Certificate of Eligibility dan beberapa dokumen penunjang lain, salah satunya paspor. Nah iki, 'suara' yang dulu nyuruh ngurus paspor ternyata betul :3. Untuk mengisi dokumen CoE, kami dibantu oleh beberapa kawan yang sebelumnya pernah mengikuti pertukaran pelajar di waktu sebelumnya (yang dimaksud di atas), ternyata salah satunya temen seangkatan di SMP ~.~ .

Bagaimana dengan proyek akhir? Alhamdulillah, kedua dosen pembimbing mendukung, Insya Allah bisa selesai tepat waktu.

Langsung aja ke poin pengurusan paspor, sempet bingung juga nih, tanya banyak orang, maklum newbie, dan pernah tau ada kutipan :
Orang-orang akan takut terhadap hal-hal yang belum mereka ketahui
Ternyata pendaftaran untuk menerbitkan paspor bisa dilakukan secara online.

Langsung saja ke situs imigrasi, pilih menu layanan paspor, dan ikuti petunjuk di situ.

Dokumen yang aku siapkan :

  • KTP
  • Akta Lahir & Ijazah
  • Kartu Keluarga
Setelah pembayaran, akhirnya pilih hari jumat ketika tulisan ini dibuat.

Ga tanggung-tanggung, berangkat jam 5 pagi ke kantor imigrasi, ternyata antrian udah panjang, wow sekali. Padahal kalau online, sepertinya ga perlu antri kayak gitu, kembali ke kutipan tadi. Gerbang dibuka jam 6 pagi, dan pintu masuk dibuka jam 7:30. Langsung aja ikuti arahan dari petugas, mereka semua ramah dan sangat membantu urusanku di sana, tapi entah kenapa dari beberapa review di internet ada beberapa reviewer yang kurang puas, apa sikap kita ke mereka juga pengaruh? mestinya sih iya :/.

Setelah beberapa lama untuk wawancara dan pendataan biometrik, akhirnya selesai dan disuruh kembali beberapa hari kedepan untuk mengambil paspor.

Dear 'suara', udah puas kan? :D

Perjuangan belum selesai, harus ke kampus untuk mengurus sesuatu. Alhamdulillah, absen kuliah selalu 100% (Sakit & Izin dihitung) sejak semester 1, dan cuma pernah dapat 1x Alpha, itupun cuma karena telat 10 detik, -_-.... #Pamer

Ya mungkin begitu sedikit pengalaman untuk hari ini, nanti aku update lagi kalau paspor udah terbit.

Semoga dan Insya Allah dilancarkan semua urusan, baik itu UAS, SE ataupun PA, aamiin.

Jangan bosen mampir di sini :D

Terima kasih banyak untuk semua pihak yang sudah membantu.

Update 20150709

Alhamdulillah, paspor sudah selesai.. :D




Perjuangan berikutnya : Ngebut project :D

4 comments:

 
;